Harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) belum punah?

Malam menjelang subuh 21 Agustus lalu anggota Tim Relawan PMI Bencana Merapi menemukan telapak binatang (lihat Gambar 1) di bekas aliran lahar Merapi tepatnya di Kopeng, Ds. Kepuhharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DIY. Ada dugaan ini adalah telapak kaki Harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) yang dulu sebarannya meliputi seluruh wilayah Pulau Jawa. Setelah diteliti di Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Tengger-Semeru Meru Betiri, Harimau ini dinyatakan punah.

Diduga telapak kaki Harimau Jawa (Kopeng Kepuharjo Cangkringan, dini hari 20 Agustus 2013)

Gambar 1. Diduga telapak kaki Harimau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) ditemuka di bekas alira lahar Kopeng, Kepuhharjo Cangkringan Sleman) dini hari 21 Agustus 2013. (Suranto)

Ditemukannya telapak kaki ini setidaknya dapat digunakan untuk memperkuat pernyataan bahwa Harimau Jawa belum punah setelah ada yang menyaksikan dengan kepala sendiri oleh 8 warga Dusun Butuh, Desa Bawukan, Kecamatan Kemalang, Klaten, yang dikabarkan muncul di tanah tegalan sekitar tempat tinggal mereka.pukul 15.00 tanggal 7 Juni 2013 lalu. Menurut keterangan Suranto ada dua telapak yang berbeda, yang satu besar yang lainnya kecil, ini sesuai dengan keterangan dari 8 warga Butuh Klaten bahwa harimau loreng yang mereka lihat adalah satu besar (induk) dan 2 kecil (anakan).

Harimau Jawa diambil Tahun 1938Gambar 2. Harimau Jawa diambil Tahun 1938 (Wkipedia)

Kalau di Taman Nasional Ujung Kulon dan Meru Betiri telah diteliti dan hasilnya telah tidak ada Harimau Jawa alias punah karena telah habis diburu manusia, mengapa di Lereng Merapi tidak diteliti, apakah keterangan saksi mata dan telapak kaki ini masih diragukan? Di lereng Merapi memang masih ada macan kumbang atau disebut juga macan tutul, tetapi menurut warga klaten yang melihatnya, harimau ini berwana loreng kuning, putih dan hitam, bukan hitam atau tutul-tutul. Dan pasti bukan harimau jadi-jadian, kalau harimau jadi-jadian tentu saja tidak meninggalkan telapak kaki.

Harimau diburu di Malingping Lebak Tahun 1941
Gambar 3. Harimau Jawa diburu di Malingping, Lebak Tahun 1941b(Wikipedia)